Crypto Market Outlook Bitcoin: Grinding The Price

Penulis: Joshua Aldio, Business Associate

Disclaimer: Tokenomy tidak pernah memberikan saran terkait investasi, finansial, keuangan, valuasi, pajak, legal, dan saran profesional apapun. Opini yang termuat dalam artikel ini merupakan pandangan personal penulis semata. Semua keputusan untuk membeli, menjual, atau menukar aset digital menggunakan layanan Tokenomy dibuat oleh Anda sendiri, dan merupakan tanggungjawab Anda sendiri.

Bitcoin (BTC) melonjak di atas $22.000 pada 27 Juli setelah Federal Reserve Amerika Serikat memberlakukan kenaikan suku bunga besar lainnya. Data dari TradingView menunjukkan BTC/USD bereaksi positif terhadap konfirmasi bahwa Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) dengan suara bulat memilih untuk menaikkan suku bunga dana Fed sebesar 75 basis poin. “Komite berusaha untuk mencapai lapangan kerja maksimum dan inflasi pada tingkat 2% dalam jangka panjang,” kata siaran pers. Pada saat penulisan, volatilitas menunjukkan pasar spot BTC/USD melayang di sekitar $22.000. Ketua Fed Jerome Powell akan memulai konferensi pers pada saat penulisan, ucapannya dapat mempengaruhipasar cenderung naik atau turun.

Data futures Bitcoin menunjukkan mood yang ‘meningkat’

Data berjangka CME digabungkan dengan angka-angka dari platform derivatif untuk menunjukkan bahwa investor semakin tidak takut. Sementara perhatian telah difokuskan pada kemungkinan penurunan makro yang lebih dalam untuk BTC/USD yang akan datang, tampaknya tidak setiap kelompok investor siap untuk keluar.

Bahkan pada harga saat ini 70% di bawah nilai All Time High, suasana di antara institusi menguat. Untuk Arcane, buktinya adalah kenaikan premi yang dibayarkan oleh klien berjangka CME Bitcoin.

Premi ini, meskipun masih rendah menurut standar historis, telah meningkat sepanjang paruh kedua bulan Juli. “Premi dasar sekarang berada pada level yang sama di CME dan bursa luar negeri, menunjukkan bahwa sentimen pasar seimbang di antara kelompok trader yang berbeda,” saran penelitian tersebut.

“Sementara basis premi pada CME telah tumbuh, itu masih hanya 2,2%, level yang relatif rendah secara historis. Ini menunjukkan bahwa meskipun sentimen membaik, para trader masih berhati-hati.”

Indeks Crypto Fear & Greed juga terus menunjukkan peningkatan kepercayaan diri investor, yang baru-baru ini menyudahi zona “ketakutan ekstrim” yang terlama. 

Bitcoin Technical Analysis

Kami memperkirakan bahwa Bitcoin menciptakan titik terendah yang lebih tinggi dalam time-frame 4 jam dan menjauh dari area sideways. Seperti grafik di atas, Bitcoin memantul di level Fibonacci 61,8 di $21.000 dan naik ke $23.100 naik 13% dari level terendahnya. Target harga berikutnya adalah sekitar $26.400 karena kami menggunakan Fibonacci retracement eksternal 1.618.

Pada time-frame yang lebih tinggi, kita dapat melihat bahwa Bitcoin memiliki pergerakan BOS (break of structure) dan bereaksi terhadap OB (order block) untuk melanjutkan pergerakan bullish-nya.

Bitcoin on-Chain Analysis :
HODLer Supply Concentrations

Dengan penilaian pasar Bitcoin turun lebih dari 75% pada tahun 2022, spekulan sebagian besar telah dikeluarkan dari jaringan (seperti yang dibahas dalam WoC 27). Selama proses ini, redistribusi koin dari keyakinan yang lebih rendah ke pemegang keyakinan yang kuat terjadi. Ini adalah mekanisme asli untuk setiap siklus pasar di mana aset ditransfer ke HODLer yang lebih tidak sensitif terhadap biaya, yang berinvestasi dengan kerangka waktu yang lebih lama, dan membiarkan koin mereka matang dalam penyimpanan dingin. Fenomena ini dapat kita amati melalui Unspent Realized Price Distribution (URPD), yang dipisahkan oleh kohort Pemegang Jangka Pendek dan Jangka Panjang. Perhatikan, bahwa ambang batas Pemegang Jangka Pendek hingga Jangka Panjang (155 hari) kembali pada pertengahan Februari ketika harga diperdagangkan sekitar $40k.

  • Wilayah $20K telah menarik sekelompok besar volume koin Pemegang Jangka Pendek. Ini adalah hasil dari transfer kepemilikan yang signifikan dari penjual kapitulasi, ke pembeli yang baru dan lebih optimis.

  • Node permintaan Pemegang Jangka Pendek juga dapat dilihat pada tingkat harga psikologis $40K, $30K, dan $20K. Khususnya, banyak dari pasokan ini (termasuk pasokan LTH di atas) belum dikapitulasi, meskipun harga diperdagangkan lebih dari 50% di bawah tingkat akuisisi mereka. Ini kemungkinan merupakan indikasi kepemilikan oleh pembeli yang relatif tidak peka terhadap harga.

Akan sangat konstruktif untuk melihat koin yang dipegang STH ini pada level $40k-$50K mulai matang menjadi status LTH selama beberapa minggu mendatang, membantu memperkuat argumen ini.

Melihat URPD berdasarkan usia kohort, kita dapat mengamati distribusi Pasokan Bitcoin berdasarkan waktu sejak koin terakhir ditransaksikan. Ada dua poin mendasar untuk diperhatikan:

  • Permintaan yang meningkat juga dapat dicatat di sekitar wilayah $ 20K dengan sejumlah besar transaksi baru-baru ini terjadi di zona ini. Area ini juga berisi node URPD terbesar ke-2 dan ke-4 (sekitar 900K BTC) yang selanjutnya menunjukkan ada transfer kepemilikan yang besar dalam zona ini.
  • Kematangan dapat dilihat menurun dari ATH ke nilai pasar saat ini, mencerminkan durasi tren turun yang berlaku. Koin dalam jumlah besar yang terakumulasi lebih dari 6 bulan yang lalu, yang menahan kerugian besar yang belum direalisasi tampaknya tidak mau dijual.

Kedua format URPD menyajikan kasus bahwa proporsi pasokan yang semakin besar dipegang oleh HODLer yang membiarkan koin matang meskipun mengalami kerugian. Arus masuk permintaan mereka berpusat di sekitar zona konsolidasi psikologis $20k, $30rb, dan $40rb. Namun, penting untuk dicatat bahwa selama proses ini, banyak pemegang saham jangka panjang telah berkontribusi pada sisi jual, dan grafik URPD pada dasarnya mewakili kondisi ‘penyelesaian pasca-debu’ hingga saat ini. Lebih jauh lagi, ada kemungkinan bahwa simpul konsentrasi pasokan yang tinggi ini, dapat bertindak sebagai resistensi yang kuat ketika pasar mencoba untuk pulih lebih tinggi.

Rebounding Off An Over-extension

Harga telah merespon positif minggu ini, menembus di atas zona konsolidasi baru-baru ini. Ini berasal dari apa yang dapat dianggap sebagai koreksi berlebih jangka pendek yang signifikan, dengan banyak metrik mencapai penyimpangan statistik yang ekstrem.

Ini sangat didorong oleh periode deleveraging yang cepat di seluruh pasar, dengan banyak pemberi pinjaman, investor, dan perusahaan perdagangan melihat agunan dilikuidasi, baik dengan disengaja, atau dijual paksa seperti yang terlihat di WoC25: Domino Jatuh: Kapitalisasi di Seluruh Dewan dan WoC23: Pendapatan Penambang Di Bawah Tekanan.

Mayer Multiple dapat digunakan untuk menilai penyimpangan antara harga spot dan 200DMA. 200DMA banyak digunakan dalam analisis teknis tradisional sebagai alat untuk membedakan antara tren bullish dan bearish makro.

Paling ekstrim selama koreksi harga ini, Mayer Multiple telah mencapai di bawah 0,55, menandakan pasar diperdagangkan dengan diskon 45% ke 200DMA. Peristiwa semacam itu sangat jarang terjadi, dan hanya mencakup 127 penutupan 4186 hari, total 3% dari riwayat perdagangan.

Metrik MVRV adalah alat lain yang kuat untuk menilai penyimpangan antara harga spot, dan dasar biaya pasar agregat. Dengan harga BTC menembus di atas Harga Realisasi minggu ini mendorong pasar yang lebih luas kembali ke keuntungan agregat, prospek jangka pendek telah bergeser ke atas dengan para peserta yang menginginkan segala bentuk reli bantuan.

Bitcoin sebagai aset terus jatuh tempo, dalam beberapa tahun terakhir telah menarik minat baik di tingkat institusional maupun nasional. Oleh karena itu, untuk memperhitungkan iklim ekonomi yang dinamis, Skor Z Bergulir 4 Tahun digunakan untuk menormalkan data sambil juga menangkap siklus halving yang tipikal.

  • Standar Deviasi di bawah -1 memiliki sejarah yang kuat dalam membantu mengidentifikasi formasi dasar. Sejauh ini, standar ini telah mengisyaratkan undervaluation untuk semua siklus bearish, termasuk 2015, 2018, dan flash crash Maret 2020.
  • Penurunan harga bulan Juni telah menghasilkan nilai Z-Score bergulir 4 tahun terendah dalam catatan, menunjukkan deviasi ekstrim yang dicapai secara statistik, menambahkan bahan bakar ke reli bantuan naik saat ini.

Tips untuk menyimpan BTC saat ini

Saat melakukan DCA ‘Dollar-Cost-Averaging’ dan menunggu siklus bull BTC, kita dapat memanfaatkan aset BTC kita dengan menggunakan fitur Fixed Deposit di platform Tokenomy untuk mendapatkan lebih banyak BTC daripada hanya hold and wait.

Trader dan investor dapat menggunakan Dual Currency Deposit Tokenomy untuk menempatkan order limit dan mendapatkan hasil sambil menunggu order dieksekusi.
Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi tim kami di www.tokenomy.com

 

Anda mungkin juga menyukai

%d bloggers like this: