Crypto Market Outlook Bitcoin: The Capitulation

Penulis: Joshua Aldio, Business Associate

Disclaimer: Tokenomy tidak pernah memberikan saran terkait investasi, finansial, keuangan, valuasi, pajak, legal, dan saran profesional apapun. Opini yang termuat dalam artikel ini merupakan pandangan personal penulis semata. Semua keputusan untuk membeli, menjual, atau menukar aset digital menggunakan layanan Tokenomy dibuat oleh Anda sendiri, dan merupakan tanggungjawab Anda sendiri.

Dengan Bitcoin turun lebih dari 70% dari nilai tertingginyadi bulan November, para ahli mencari tanda-tanda titik terendah karena pemegang jangka panjang merasa tertekan untuk menahan diri menjual aset mereka. Bitcoin, aset digital terbesar berdasarkan nilai pasar, berada di kisaran $19.000, turun dari sekitar $69.000 pada akhir tahun lalu. Investor lama yang menghabiskan koin mereka mengunci kerugian 33%, data dari Glassnode menunjukkan.

Ada kemungkinan yang meningkat bahwa kapitulasi pemegang jangka panjang (LTH) sedang berlangsung. Itu bisa menandakan redistribusi koin ke pembeli baru sudah dekat. Formasi dasar sering disertai dengan LTH yang menanggung sebagian besar kerugian yang belum direalisasi. Dengan kata lain, agar bear market mencapai lantai tertinggi, bagian koin yang ditahan dengan kerugian harus ditransfer terutama kepada mereka yang paling tidak sensitif terhadap harga, dan dengan keyakinan tertinggi (baca lebih lanjut di “Bitcoin: on-chain Analysis“).

Di tempat lain, masuknya transaksi yang lebih kecil dari entitas yang lebih kecil tampaknya tumbuh, menandakan potensi pemulihan permintaan dan spekulasi, menurut penelitian perusahaan. Sementara itu, penambang Bitcoin, yang dapat dianggap sebagai sumber tekanan jual yang berpengaruh selama pasar bearish, telah memperlambat pengeluaran mereka akhir-akhir ini. Namun, tidak satu pun dari pengukur ini yang merupakan bacaan definitif di pasar dan menemukan bagian bawah mungkin terbukti sulit dipahami. Selama bear market sebelumnya, pasokan yang dipegang oleh pemegang jangka pendek hanya 3% hingga 4%, menurut Glassnode. Sekarang, dengan pemegang jangka pendek masih memiliki sekitar 16% dari pasokan Bitcoin, mungkin perlu beberapa waktu sebelum koin didistribusikan kembali ke pemegang yang tidak sensitif terhadap harga dan lebih percaya diri untuk menenangkan volatilitas. “Investor Bitcoin belum keluar dari kesulitan,” kata Glassnode.

Menyebut bagian bawah pada aset apa pun adalah usaha yang penuh. Investor pasar saham, yang menghadapi kerugian 20% tahun ini, juga mencari sinyal bahwa penjualan terburuk telah berlalu. Bitcoin terus diperdagangkan sebagian besar seiring dengan ekuitas AS, dan dengan saham teknologi pada khususnya. “Saat ini, Bitcoin berkorelasi ke bawah dengan aset berisiko lainnya tetapi tidak ada alasan mendasar untuk melakukan itu,” kata Pendiri dan Chief Executive Officer Quantum Economics Mati Greenspan. “Setelah memutus korelasi dengan pasar saham, harga Bitcoin akan lebih mencerminkan nilai sebenarnya.”

Sumber: https://www.moneyminority.com/en/how-to-buy-a-stock/

Kapitulasi di bidang keuangan menggambarkan lonjakan dramatis tekanan jual di pasar atau sekuritas yang menurun yang menandai penyerahan massal oleh investor. Penurunan dramatis yang dihasilkan dari harga pasar dapat menandai akhir dari penurunan, karena mereka yang tidak menjual selama kepanikan tidak mungkin melakukannya segera setelahnya.

Kapitulasi biasanya mengikuti penurunan harga yang signifikan, yang dapat terjadi bahkan ketika banyak investor tetap bullish. Saat penurunan semakin cepat, itu mencapai titik di mana penjualan oleh investor yang tidak mau menderita kerugian lebih lanjut menjadi bola salju, yang mengarah ke penurunan harga yang dramatis.

Volume perdagangan yang besar yang menyertai penurunan mengguncang “weak hands“—investor yang kurang yakin dan menggantikan mereka dengan pemegang yang lebih toleran terhadap risiko yang mungkin tidak menderita kerugian sebelumnya dan bersedia membeli pada akhir penurunan berlarut-larut yang dibatasi dengan penurunan dramatis.

Trader mencari volume perdagangan yang luar biasa tinggi disertai penurunan harga yang tajam untuk menandakan kapitulasi. Mereka mencoba mengantisipasi tanda paling pasti dari kapitulasi: rebound harga yang terjadi setelah panic selling berjalan.

Bitcoin on-Chain Analysis :
Capitulation of Diamond Hands

Dengan hilangnya tingkat harga $30k, penambang dan pemegang jangka panjang (LTH) berada di bawah tekanan (seperti yang dieksplorasi di Minggu 25). Untuk menunjukkan kapitulasi berkelanjutan dari LTH siklus 2021-22, kami dapat memantau profitabilitasnya di dua bidang; kerugian aktual mereka (pengeluaran) dan kerugian yang belum direalisasi (koin diadakan di bawah dasar biaya).

Rasio Laba Keluaran Pemegang Jangka Panjang (LTH-SOPR) adalah metrik yang menunjukkan rasio laba yang ditangkap oleh LTH (yaitu nilai 2,0 berarti LTH membelanjakan koin dengan harga 2x basis biayanya). Oleh karena itu, ketika LTH-SOPR kurang dari satu, para pemain ini menyadari kerugian atau membelanjakan koin dengan harga di bawah basis biaya mereka.

LTH-SOPR saat ini diperdagangkan pada 0,67, menunjukkan rata-rata LTH yang menghabiskan koin mereka mengunci kerugian 33%.

Basis Biaya Pemegang Jangka Panjang memperkirakan harga rata-rata yang dibayarkan pemegang jangka panjang untuk koin mereka. Oleh karena itu, karena penilaian pasar turun di bawah Dasar Biaya-LTH, kelompok ini dapat dianggap sebagai kerugian agregat. Demikian pula, LTH saat ini rata-rata berada di bawah air, menahan kerugian agregat yang belum direalisasi sebesar -14%.

Bagan berikut menggabungkan konsep-konsep ini dan menunjukkan interval yang memenuhi kedua kondisi (berwarna hijau). Saat-saat ini adalah di mana LTH berada di bawah air dengan koin yang dipegang, dan mengunci kerugian berdasarkan pengeluaran mereka. Dalam kombinasi, ini menunjukkan ada peningkatan kemungkinan bahwa kapitulasi LTH sedang berlangsung. Dengan nilai LTH-SOPR saat ini di 0,67 dan Basis Biaya LTH di $22,3k, itu berarti LTH menyadari rata-rata kerugian -33% pada setiap koin yang dihabiskan, meskipun harga spot hanya ~6% di bawah basis biaya mereka. Ini menandakan bahwa LTH yang memperoleh koin jauh lebih tinggi adalah pembelanja utama saat ini, dan mereka yang masih memegang koin dari siklus 2017-20 (atau sebelumnya) sebagian besar duduk diam.

To Holding BTC Right Now

Saat kami melakukan DCA ‘Dollar-Cost-Averaging’ dan menunggu siklus bull BTC, kami dapat memanfaatkan aset BTC kami dengan menggunakan fitur Fixed Deposit di platform kami untuk mendapatkan lebih banyak BTC daripada hanya menahan dan menunggu.

Trader dan investor dapat menggunakan Dual Currency Deposit Tokenomy untuk menempatkan order limit yang tertunda dan mendapatkan hasil sambil menunggu order dieksekusi.

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi tim kami di www.tokenomy.com

DAFTAR SEKARANG DI TOKENOMY.COM

Anda mungkin juga menyukai

%d bloggers like this: